5 HAL yang harus dihindari saat kamu sedang punya hutang

saya akan mencoba menjabarkan 5 hal yang menurut saya harus dihindari saat anda mempunyai hutang. Hutang adalah hal yang sangat sering kita jumpai dikehidupan kita  banyak diantara kita yang hutang tetaoi tidak bisa membayar. Motif hutang juga bermacam macam, ada yang sengaja untuk menambah modal usaha, bayar sekolah anak, pendidikan, kesehatan dan bahkan ada yang sekedar untuk makan. Saat kamu mempunyai hutang dan tidak mampu membayar, 
percayalah pada 5 pantangan ini, karena saat kamu melakukanya 1 saja,  hutang bukan berangsur sedikit malah semakin membengkak.

oke mati kita bahas 1 demi 1, pantanganya
1. jangan hutang lagi untuk bayar hutang, saat ekonomimu belum setabil, usahakan jangan pernah hutang lagi untuk membayarnya, lebih baik kamu makan pil jujur dan hadapi kenyataanya, karena saya yakin saat kamu hutang dan tidak mampu bayar, lalu kamu mencari cari pertolongan yang ada malah na kamu yang akan semakin buruk dimata orang lain. lebih baik kamu bekerja dan kumpulkan sedikit demi sedikit uangmu untuk melunasi hutang2mu. karena asal kamu tahu, tuhan tidak pernah lari dari umatnya yang berusaha.

2. hindari uang cepat, contohnya berjudi, trading (saat kamu tidak memiliki pengalaman banyak tentang ini), mencuri, atau tindakan kriminal lainya yang bisa mendatangkan uang dengan cepat. kenapa tidak boleh, karena yang pertama adalah dosa, yang selanjutnya uang hasil haram akan membuatmu memiliki kebiasaan yang sulit ditinggalkan dan menganggap remeh hutang yang kamu miliki karena kamu benar benar bergantung pada keajaiban judi, bergantunglah sama allah yang menciptakan keberuntungan. pasti ada jalan sobat, jangan khawatir. 
pasti takut ditagih ya, hehehe nanti ada jawabanya, baca sampai selesai artikel ini.

3. jangan hilang atau sengaja menghilanglan komunikasi dengan yg menagihmu, karena saat kamu menghilang, orang alan berpikir bahwa kamu tidak bertanggung jawab, saat muncul pikiran seperti itu, bisa jadi kamu akan dalam bahaya, lagi pula saat kamu minggat, perasaan dihatimupu  pasti tidal bisa kamu bohongi, bahwa kamu merasa bersalah, iya kan? jadi jgn pernah lari, twruslah bertahan dan berusaha

4. jangan malas bekerja, ingatlah, kamu punya banyak hutang, hal yang harua kamu lakukan adalah lamu bekerja dengan lebih giat dari biasanya, lebih sporadis ketimbang orang lain, kamu harus kerja extra agar dapat penghasilan yang extra pula.

5. yang terakhir, mulailah hentikan kebiasaanmu untum berfoya foya atau sekedar mwnghabislan beberapa ratus ribubuntuk kesenanganmu, ini yang berat sobat  kamu harus menahan diri dengan kemauanmu sendiri  kamu melawan ego yang ada didalam dirimu  apakah lamu akan kalah dan twnggelam dalam jurang hutang lagi? ataukah kamu akan bangkot dan berjuang, melunasi hutang yang kamu punya? jangan khawatir kawan,

itulah 5 hal yang harus dihindari saat kamu sedang terlilit hutang, saya beritahu ya kawan, bahwa saat kamu berhutang kamu harus sadar bahwa kamu hutang, dan orang hutang, sudah sewajarnya ditagih, diteror, digunjing, selama kamu belm bisa melunasinya, untuk itu kamu wajib harua menerimanya dan tidak boleh mengingkarinya karena itu kenyataan gesss. jafi hadapi jangan ragu atau malu, selanjutnya hal yang perlu kamu sadari lagi adalah  bahwa semua manusia pasti punya rasa belas kasihan, punya nurani, percayalah saat kamu ditagih, kamu hanya akan diterorr atau paling 0ahit dihajar, tpi kamu tidak akan dibunuh, jadi kamu ga usah pergi atau menghindar, saat kamu dengan orang yang kamu hutangi ada omongan, kamu tidak akan mati kawan,. lalu sadarlah, bahwa manusia sudah dibwri jalan keluar saat dia mengalami masalah, tinggal kita mauencari atau tidak?

sepakat ya 
lalu 1 hal lagi yang palibg penting, saat kamu menerima pertolongan yang maha kaya, maka hi darilah berbuat dosa! percayalah saat kamu tidal lagi berbuat dosa, keajaiban yang kamu dambakan alan datang menghampirimu.

terim kasih